Jumat, 12 Desember 2014

Hari Guru Bagi Yang Berjiawa Guru




HARI GURU BAGI GURU YANG BERJIWA GURU
OLEH : MUHAMMAD ASHAR

Hari guru diperingati setiap tanggal 25 Nopember , hendaknya peringatan hari guru ini diperuntukkan bagi guru yang berjiwa guru saja. Mengapa demikian ? Tentunya kita pernah mendengar pepatah yang berbunyi “Guru , digugu lan ditiru “ yang artinya di contoh .
Namun sayangnya, tidak semua guru dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak didiknya.  Bahkan ,ada guru yang sikap hidupnya sama sekali tidak menjadi teladan bagi muridnya. Oleh sebab itu perlu  ditekankan bahwa peringatan hari guru hanya untuk guru-guru yang benar-benar mengabdi demi kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di propinsi Sulawesi Barat yang malabbi ini.
Guru yang benar-benar berjiwa seorang guru adalah orang-orang mau berkorban demi kelancaran pendidikan dan selalu mengikuti perkembangan zaman .Jadi tidak hanya mengajarkan teori-teori saja ,namun bisa menerapkan apa diajarkannya pada kehidupan nyata.
Saat ini guru harus kreatif dan selalu Up To date . Sebab perkembangan zaman selalu dinamis. Jika dulu Internet belum banyak dikenal maka untuk saat ini internet sudah merajalela. Hendaknya ,guru juga bisa menggunakan alat komunikasi yang satu ini . Mungkin bagi guru yang tinggal diperkotaan sudah cukup banyak yang mengenal internet, namun bagi guru yang mengajar didaerah-daerah masih banyak yang gagap teknologi.

Hari Guru bagi Guru di Daerah Terpencil
Hari guru di kota besar biasanya diwarnai dengan adanya Peringatan yang cukup meriah dengan lomba-lomba, penyerahan piagan penghargaan Tokoh Pendidik dan Tokoh Pendidikan oleh bapak Gubernur Propinsi Sulawesi Barat . Namun bagi guru-guru yang ada didaerah terpencil justru sangat sepi dengan peringatan - peringatan seperti ini. Mereka melihat hari guru seperti hari-hari biasanya , sebab semakin bertambahnya ulang tahun hari guru.toh tidak menambah jumlah guru yang sadar untuk mengajar di daerah terpencil.
Kondisi pendidikan di  daerah terpencil benar-benar diluar jangkauan pemikiran kita yang siswanya tanpa berseragam dan alas kaki serta tidak  belajar digedung-gedung sekolah,tidak ada guru yang mengajar. Keadaan seperti ini masih kita jumpai didaerah terpencil suku Bunggu di daerah Kabupaten Mamuju Utara.


Betapa sedikitnya guru yang sadar untuk mau mengajar di daerah terpencil. Semoga setiap ada peringatan hari guru,dapat diingatkan pada setiap guru yang mengajar bahwa diluar sana ,didaerah yang jauh dari keramaian kota ,ada anak-anak yang haus ilmu .
Indonesia memang Negara yang besar, namun tidak diimbangi dengan pemerataan pendidikan . Sehingga bagi anak-anak yang tinggal dipedesaan atau daerah terpencil , akan jauh pula dengan pendidikan yang bagus. Meskipun begitu, masih ada jiwa-jiwa yang setia pada pendidikan . Mereka mengajar dengan ketulusan dan berharap bahwa anak-anak daerah terpencil tersebut dapat mengenyam pendidikan selayaknya anak daeah perkotaan .
Tidak sedihkah kita para guru tersebut melihat anak-anak di daerah terpencil kehilangan masa depan hanya karena tidak adanya agen pendidikan yang tulus mengajar di sana. Sungguh ironi , semoga peringatan hari guru menjadi tonggak kesadaran kaum guru untuk kembali memikirkan pendidikan untuk anak-anak di daerah terpencil.

Peringatan Hari Guru di Luar Negeri
Peringatan Hari guru tidak hanya di Indonesia saja. Setiap Negara mempunyai tanggal berbeda untuk memperingati hari guru. Biasanya , ketika peringatan hari guru akan menjadi hari libur nasional .
1.    Argentina memperingati hari guru setiap tanggal 11 September . Sekaligus menjadi peringatan wafatnya tokoh pendidikan politisi Argentina yang bernama Domingo Faustinus Sarmiento.
2.    Amerika Serikat memperingati hari guru setiap pekan pertama pada bulan Mei . Biasanya disebut juga pekan apresiasi guru.
3.    Brazil memperingati hari guru setiap tanggal 15 Oktober yang mulai diperingati sejak tahun 1963 .Tanggal itu dipilih karena berkaitan dengan seorang tokoh yang bernama Dom Pedro yang menyetujui adanya dekrit penataan kembali sekolah dasar di Brazil.
4.    Chili memperingati hari guru setiap tanggal 16 Oktober sekaligus sebagai peringatan berdirinya Institut Guru Chili (Colegio De Profesores De Chile).
5.    Meksiko memperingati Hari guru sejak tahun 1918 pada tanggal 15 Mei
6.    Peru memperingati hari guru sejak tahun 1953 pada tanggal 6 Juli . Sekaligus sebagai peringatan atas revolusi pendidikan yang dilakukan oleh Jse Bernardo De Tagle .
7.    Filipina memperingati hari guru setiap tanggal 5 Oktober Namun biasanya dirayakan sekitar bulan September dan Oktober .
8.    Hongkong memperingati hari guru setiap tanggal 28 September.
9.    India memperingati hari guru setiap tanggal 5 September yang sekaligus sebagai peringatan ulang tahun Dr.Sarvapalli Radhasrishnan, yaitu presiden India yang sekaligus seorang guru.
10.     Iran memperingat6i hari guru setiap tanggal 2 Mei
11.     Korea Selatan memperingati hari guru setiap  tanggal 15 Mei sejak tahun 1963 lhadiah berupa bunga anyelir bagi guru-guru mereka.
12.     Malaysia memperingati hari guru tiap tanggal 16 Mei karena ditanggal ini ,Mejelis Undang-undang Persekutuan Tanah Melayu menerima rancangan kurikulum dan laporan jawatan Kuasa Pelajaran.
13.     Pakistan memperingati hari guru setiap tanggal 5 Oktober
14.     RCC atau Republik Rakyat China cara memperingati hari guru setiap tanggal 10 September. Biasanya Murid-murid di China memberikan kartu ucapan dan bunga pada guru mereka.
15.     Singapura memperingati hari guru setiap tanggal 1 September dan sebagai hari libur sekolah .
16.     Taiwan memperingati hari guru setiap tanggal 28 September sekaligus hari ulang tahun Konfusius.
17.     Thailand memperingati hari guru setiap tanggal 16 Jaunuari sejak tahun 1957
18.     Turki memperingati hari guru setiap tanggal 24 Nopember sejak tahun 1981
19.     Vietnan memperingati hari guru setiap tanggal 20 November . Di Vietnan, hari guru ini dipakai untuk libur sekolah dan murid-murid mengunjungi guru, baik yang masih mengajarnya ataupun yang tidak mengajarnya.
Di luar negeri ternyata punya peringatan hari guru yang digunakan untuk menghormati guru-guru mereka. Bahkan, beberapa Negara peringatan hari guru dijadikan sebagai hari libur . Semakin bertambahnya usia bangsa ini., semoga guru-guru yang memiliki kesadaran untuk mengajar di daerah terpencil makin bertambah pula. Selamat Hari guru

                                                                                   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar